Visi dan Misi
Humas
25 Mei 2021 640 x
VISI
Visi MAN 2 Kota Palu adalah “Mewujudkan Insan yang Islami,Unggul,Terampil dan Berdaya Saing Tinggi, serta Berwawasan Lingkungan"
Indikator Visi :
1. Islami:
Terwujudnya Siswa MAN 2 Kota Palu yang Islami, mencintai Al-Qur’an dan berakhlakul karimah .( pembiasaan yang islami :memiliki perilaku dan tutur kata yang baik dan santun, disiplin, mengucapkan salam, berdoa sebelum /sesudah belajar, mampu menjalankan ibadah dengan baik dan benar, rajin membaca Al-Qur’an , mampu meluangkan waktu untuk tahfiz Al-Qur’an dan shalat duha secara rutin )
Metode Pencapaian:
· Memperingati hari-hari besar Islam.
· Memajang 99 Asmaul Husna di sepanjang teras Madrasah
· Memberi nama tiap gedung dengan nama para Tokoh Islami
· Mengadakan kegiatan bernuansa islam atau pembiasaan akhlak mulia.
2. Unggul:
Terwujudnya siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik
· Akademik (unggul dalam kompetisi sains, agama, lomba KIR serta unggul dalam pencapaian nilai ujian nasional)
· Non Akademik ( Unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler )
Metode pencapaian:
· Input siswa baru yang baik dan berprestasi,
· Penelusuran minat dan bakat siswa,
· Memberikan pelayanan yang prima kepada siswa,
· Melaksanakan kegiatan PBM dengan baik,
· Memberikan layanan/pembinaan yang baik terhadap siswa yang berbakat,
· Berpartisipasi aktif dalam mengikuti ajang kompetisi/lomba kejuaraan
3. Terampil
Terwujudnya siswa yang memiliki keterampilan dibidang agama, maupun keterampilan vokasional.
· Dibidang agama (terampil baca tulis Al-Qur’an, terampil dalam pengamalan agama)
· Keterampilanh vokasional ( Keterampilan Tata Busana, Keterampilan teknik Multimedia, serta keterampilan Pertanian)
Metode Pencapaian:
· Memberikan bimbingan tambahan baca tulis Al-Qur’an .
· Mengembangkan bakat siswa dalam da’wah/khutbah melalui kegiatan ekstrakurikuler
· Praktek pelaksanaan pengamalan keagamaan yang dilakukan secara terprogram
· Program keterampilan yang diintegrasikan kedalam pembelajaran intrakurikuler.
· Program keterampilan dilaksanakan dengan 75% praktek dan 25% teori.
· Menyiapkan sapras keterampilan untuk kelas program keterampilan.
4. Berdaya saing tinggi:
Terwujudnya siswa yang memiliki daya saing tinggi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
· Memiliki daya saing tinggi serta aktif ikut pada tiap ajang kompetisi
· Aktif dalam mengembangan Manajemen Madrasah ke arah yang lebih baik
Metode Pencapaian:
· Memberikan layanan yang baik kepada siswa agar mampu tumbuh kembang secara optimal.
· Menstimulasi tumbuh kembang yang optimal dengan kegiatan-kegiatan yang inovatif, mendidik sekaligus menyenangkan.
· Memberikan bimbngan yang optimal dalam mempersiapkan siswa pada ajang kompetisi.
· Pelaksanaan sistem yang semakin baik ke arah tujuan yang ingin dicapai.
· Kajian/evaluasi terhadap pengembangan manajemen Madrasah.
5. Berwawasan lingkungan:
· Terwujudnya kesadaran dan kepedulisn siswa yang cinta lingkungan
Metode Pencapaian:
· Memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran baik di dalam dan di luar kelas,
· Mengadakan kegiatan yang menumbuhkan rasa cinta lingkungan,
· Menyusun program dan peraturan untuk menciptakan madrasah yang, bersih, sehat, asri dan nyaman.
Metode Pencapaian:
· Memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran baik di dalam dan di luar kelas,
· Mengadakan kegiatan yang menumbuhkan rasa cinta lingkungan,
· Menyusun program dan peraturan untuk menciptakan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
MISI
- Menciptakan lingkungan madrasah yang islami, mencintai Al-Qur’an, dan berakhlakul karimah.
- Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan Inovatif dalam mengembangkan potensi intelektual dan keterampilan siswa dibidang agama maupun keterampilan vokasional yang sesuai dengan perkembangan IPTEK.
- Melahirkan calon pemimpin masa depan yang berwawasan islami, menguasai iptek dan berdaya saing tinggi
- Menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian warga madrasah yang cinta dan ramah lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang bersih,sehat, rindang dan nyaman